WWW.CIANJUR-ONLINE.COM
:: CIANJUR COMMUNITY OFFICIAL SITE
Login/Register
Index
Dashboard
Forum
Link
Komentar
Gambar
Teman
Event
Growup Magz Forum :: Daftar forum yang dikirim berupa artikel atau pesan pendek berikut komentarnya.
KATAGORI
Umum
-
Cianjur
-
Islam
-
It
-
Kesehatan
-
Teknologi
-
Mutiara Hati
-
Members
-
Gratisan
-
Tokoh
-
Design Visual
DETAIL FORUM
Gula tidak terbukti sebabkan Diabetes Melitus
20070531152011, Dibaca : 378 Kali
Share
Telah lama diduga bahwa tingginya diet gula yang digunakan dalam periode jangka lama dapat memicu meningkatnya risiko kejadian DM. Tetapi ternyata hasilnya tidak terbukti adanya hubungan antara mengkonsumsi gula dengan risiko terjadinya DM tipe 2. Para ahli yang berasal dari Royal Victoria Hospital dan Queena University Belfast telah mempublikasikan hasil uji coba klinisnya yaitu meneliti dampak asupan tinggi gula terhadap resistensi insulin (disebut-sebut sebagai prekursor DM tipe 2) dan kesehatan pembuluh darah pada 13 jenis penyakit non diabetes pada pria. Hasil temuan tersebut oleh Dr. Steven Hunter dan timnya dipelajari dan mereka juga melaporkan dalam Journal Diabetes bahwa mereka yang menerima gula (sukrosa) 25% dari jumlah kalori dalam bentuk yang seimbang dengan pengaturan diet berat badan selama 6 minggu menunjukkan tidak terdapatnya perbedaan antara derajat resistensi insulin dibandingkan dengan mereka yang eukalori atau mereka yang mengkonsumsi gula hanya 10% dari kalori. Dalam penelitiannya, rata-rata mereka diberi asupan 200 gram sukrosa perhari (25% dari kalori) dan dibandingkan dengan kontrol yang diberi 80 gram sukrosa (10% dari kalori). Dr. Hunter dari Royal Victoria Hospital mengatakan, gula selama ini dihubungkan dengan timbulnya diabetes. Temuan ini memberikan kesempatan untuk berfikir dan menunjukkan bahwa asupan berlebih dari gula ternyata tidak menunjukkan efek yang lebih berbahaya sebagai penyebab terjadinya diabetes. Dalam penelitiannya dilakukan terhadap 13 pria sehat yang masing-masing menerima diet tinggi gula (25% dari kalori) atau mereka yang digunakan sebagai kontrol dan menerima hanya 10% gula dari jumlah kalori, dipantau selama 6 minggu. Setelah 6 minggu yang disebut satu periode, subjek melakukan pergantian mengkonsumsi sejum
© 2006-2009 Cianjur Online
about us
-
services
-
site map